Berpuasa di Musim Semi (Selamat Datang, Ramadhan)

7 Juni 2016, masih di Kota Delft tercinta, di bulan terakhir musim semi di bumi belahan utara.

Tanggal 6 Juni 2016 kemarin adalah tanggal yang spesial, karena di tanggal ini umat Muslim di seluruh dunia memulai bulan penuh berkah dan penuh kemuliaan, yaitu bulan Ramadhan. Di bulan ini, seluruh umat Muslim diwajibkan berpuasa, menahan segala hawa nafsu selama 1 bulan penuh. Waktu berpuasa adalah dimulai dari azan shubuh berkumandang hingga matahari terbenam.


Panjangnya Matahari di Musim Semi

Di tahun ini, seluruh umat Muslim yang berada di Eropa, termasuk saya, harus merasakan salah satu Ramadhan terpanjang. Kenapa begitu? Karena di tahun ini, kami semua melaksanakan puasa di musim semi, dimana di musim semi waktu siang jauh-jauh lebih panjang dibandingkan dengan waktu malamnya.

Mungkin beberapa teman-teman pasti ga kebayang, wong saya juga ga kebayang kok kalo musim semi tuh ternyata seperti ini. Lah, kalo di negara tropis macem Indonesia kan siang sama malemnya seimbang. Jam 6 pagi terang, jam 6 malam sudah magrib. Nah, beda cerita kalo di musim semi.

Disini, jam 5 pagi sudah bau-bau mau terang (baunya kaya gimana yaa? Wkwkwk), namun jam 6 malam pun belum malam jadinya karena langit sore masih cerah ceria. Azan ashar saja baru jam 18.10 (sengaja saya ubah menjadi 18.10 biar terlihat beda).

Langit jam 20.00 pun kalo di Indonesia kan udah gelap gulita yaa, nah kalo disini jam 20.00 pun yaa  masih teraang. Matahari baru terbenam di pukul 22.00 yang berarti bahwa yaa langitnya baru gelap di pukul 22.00. Bahkan, di pukul 23.00 pun, yang kalo di Indonesia udah gelap gulita, kalo disini langitnya masih agak-agak keliatan sisa-sisa matahari terbenamnya.

Sebenernya saya udah pernah sih cerita tentang kondisi musim semi di awal-awal musim semi lalu, ada di sini. Cuma ya itu, makin kesini ya siangnya makin panjang. Di tulisan saya sebelumnya itu yaa masih belum sepanjang sekarang waktu siangnya.


Lalu, berapa jam puasa di musim semi?

Dengan uraian di atas, kerasa kan panjangnya puasa kami disini seperti apa? Di awal Ramadhan kali ini, azan shubuh sudah berkumandang di pukul 03.10 dan azan magrib baru berkumandang di pukul 21.58. Jika dihitung selisihnya, yaa kurang lebih 19 jam laah kami-kami ini berpuasa, dari jam 3 pagi sampe jam 10 malam.

Lucky banget yaa sayaa. Pertama kali puasa di Eropa, dapetnya pas banget di musim semi. Kenapa sih ga di winter aja, kan jadi cuma puasa 10 jam aja. Hahahaa…


Berarti, Buka Puasa, Solat Tarawih, Sahur, dan Solat Shubuh jadi satu rangkaian dong?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah, yup, BENAR SEKALI. Bayangin aja nih temen-temen, azan magrib berkumandang di 21.58, kemudian azan isya berkumandang di 00.04, dan azan shubuh berkumandang di 03.10. Jarak dari magrib ke shubuh hanya 5 jam yaa. Nah, kalo saya, daripada ketiduran ga dapet isya ga dapet sahur kelaperan sampe 19 jam, yaa mending saya bablasin ga tidur sekalian. Apalagi kalo buat mamak-mamak kaya saya, sebelum shubuh kan mesti siapin sahur buat suami juga kaan. Kalo mau tidur, yaa paling rebah-rebah cantik aja.


Ada Kolak, Es Buah, atau Gorengan Gak Buat Hidangan Buka Puasa?

Adaaa doong, ada bangeett, tapi bikin sendiri yaa cyiinn, soalnya ga ada yang jualan disini, ngana pikir ini Endonesah? Hahaha. Kangen sih sama tajil2 di Indonesia (padahal baru 2 hari puasa). Mentok paling yaa kurma aja. Kurma dijual di toko turki gitu, eh sama di Jumbo (semacam supermarket gitu) juga ada sih. Tapi ga tau deh apa kurma tersedia di semua cabang Jumbo.

Jadi, kalo saya kemaren sih berbuka dengan es kacang ijo aja. Bikin sore-sore sambil nunggu azan magrib yang ga azan-azan. Hahahaa.


Trus tidurnya gimana tuh? Kan dari magrib sampe subuhnya ga tidur.

Kalo saya, tidurnya setelah solat subuh jam 3/stengah 4, lalu bangunnya sekitar jam 8 pagi atau lewat-lewat dikit. Lumayan kan tuh dapet 5 jam. Lalu, nanti jam 18.00 abis ashar gitu, saya tidur lagi, sampe jam 20.00, lumayan dapet 2 jam, kalo ditotal udah 7 jam. Nanti, jam 20.00 bangun-bangun eh udah belum magrib deh, masih tunggu 2 jam lagi, biasanya saya mulai deh siap2in hidangan buat buka puasa.


Penutup

Jadi, ya begitulah suasana di kota Delft ketika puasa. Puasa 19 jam, cuaca berkisar di 14 derajat celcius (biasanya pagi2 atau pas lagi mendung) hingga di 25 derajat celcius (siang-siang dan sore-sore). Masih adem kan yaa, alhamdulillah. Allah Maha Adil kan, puasa 19 jam dikasihnya di bumi belahan utara yang cenderung tidak panas. Kebayang ga sih kalo puasa 19 jam nya di Jakarta yang 31 derajat celcius?

Ramadhan 2016 - Delft

Jadwal Puasa Ramadhan 2016 – Delft berdasarkan Muslim Pro

catatan:
ini baru puasa di Belanda loh ya, yang mana masih belum terlalu utara. Kebayang ga sih puasa di negara-negara Scandinavia yang mana letaknya di deket kutub? Disana, ketika musim semi dan musim panas seperti ini, siangnya jauh lebih panjang lagi, bahkan katanya waktu malam itu seperti hampir tidak ada. Trus, puasanya gimana tuh yaa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s