Belajar Bahasa Belanda

Selama di Belanda, salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu saya adalah dengan belajar Bahasa Belanda, meskipun belum bisa dilakukan secara konsisten hingga sekarang karena satu dan lain hal.

Saya belajar Bahasa Belanda secara self-learning aja, belajar sendiri memanfaatkan situs-situs yang ada di Internet. Gak cuma satu dua situs aja lho yang menawarkan belajar bahasa ini secara online, ada banyak, tapi dari beberapa lama browsing, saya menemukan 3 situs yang dirasa cukup cocok dengan gaya saya belajar.


Pertama :  Babbel  (https://www.babbel.com/)

Babbel

Situs ini menawarkan gaya belajar yang cukup komprehensif, dan beragam pilihan course yang bisa kamu pilih sendiri, mulai dari Beginner’s, Grammar, dan Word. Untuk memulai, pertama-tama kita harus registrasi dulu. Di awal mulai belajar, Babbel menawarkan pilihan, apakah akan belajar menggunakan speech recognition atau tidak. Jadi di situs ini kita bisa sekaligus latihan berbicara.

Kemudian, di tahap selanjutnya adalah, di layar akan muncul gambar beserta terjemahan Bahasa Inggris dan Bahasa Belandanya, sekaligus akan ada suara native speaker yang mengajarkan kepada kita bagaimana pelafalan dari kata tersebut (latihan reading).

Setelah itu, langsung ada semacam exercise, berupa suara dan tulisan, kemudian kita diminta untuk memilih gambar mana yang dimaksud oleh suara dan tulisan tersebut (latihan listening). Selain exercise memilih gambar, selanjutnya juga ada exercise yang berupa meminta kita untuk mengetik kata-kata yang diucapkan oleh native speaker (latihan writing). 

Babbel - exercise

Bahkan, kalo kita menyalakan speech recognition, maka akan ada juga latihan speaking, dimana nanti kita diberi kesempatan untuk mengucapkan kata sebagaimana tertera di layar. Nanti si situsnya bisa menilai apakah ucapan kita sudah sesuai apa belum.

Nah, komprehensif sekali bukan? Interfacenya pun menarik. Sayangnya, situs ini berbayar. Kita hanya diberi kesempatan mencoba 1 lesson gratis, selanjutnya kita harus bayar. Hiks, sedih yaa. Maka saya pun tidak jadi memanfaatkan situs ini.


Kedua :  learndutch.org  (http://www.learndutch.org/online-dutch-course/)

learn dutch

Situs ini sempat saya pakai kira-kira 2-3 minggu lamanya, tapi lama-lama saya bosan dengan situs ini. Berbeda dengan Babel, di learndutch.org kita belajar dengan menonton video dari si native speakernya. Terdapat berbagai macam lesson yang ditawarkan, hanya saja, yang gratis hanya untuk Vocabulary Lesson nya saja. Ada 1000 vocabulary yang diajarkan yang dibagi ke dalam 40 video yang berbeda. Jadi, setiap video kita akan belajar 25 kata baru, yang digolongkan berdasarkan tema-tema tertentu. Di akhir video, kemudian ada semacam exercise berupa pilihan ganda.

Awal-awal saya belajar, situs ini cukup menarik, namun mungkin karena pembelajaran hanya bersifat satu arah (kita hanya menonton video) serta exercisenya juga hanya satu jenis, akhirnya saya menyerah dengan situs ini. Ditambah lagi, skill saya tidak bertambah banyak. Saya pun menyerah di video ke 12.

However, situs ini cocok bagi mereka yang ingin menambah vocabularynya, dan nilai lebih dari situs ini adalah, di setiap videonya, tidak hanya mengajarkan vocabulary, tapi juga sering diselipkan penjelasan tentang kebudayaan dan kebiasaan orang-orang Belanda, sehingga menambah pengetahuan kita tentang Belanda. Selain itu juga, mereka menyediakan Summer Camp sambil belajar Bahasa Belanda, yang tentunya bisa mengakselerasi kemampuan Bahasa Belanda kita.


Ketiga : oefenen.nl (http://oefenen.nl/)

Situs ini saya temukan ketika iseng-iseng browsing mencari perpustakaan. Kemudian hingga sekarang saya bertahan untuk belajar di situs ini.

oefenen

Situs ini menarik karena cukup interaktif. Secara gaya belajar, situs ini menawarkan gaya yang tidak jauh berbeda dengan Babel. Sebagaimana dengan situs Babel, di situs ini pun kita belajar dua arah. Latihan reading, writing, listening, semua ada.

Bahkan, di situs ini juga ada latihan speakingnya. Hanya saja, tidak ada speech recognitionnya, sehingga kita tidak tahu apakah pengucapan kita sudah benar atau belum. Tapi, menariknya adalah, dalam latihan speaking ini, kita hanya diberi satu gambar di layar, kemudian diminta untuk menjelaskan apa yang ada di gambar tersebut menggunakan Bahasa Belanda sehingga kita pun selain melatih pelafalan kata-kata, tapi juga melatih merangkai kata dalam Bahasa Belanda. Menarik, bukan?

Yang menarik dari situs ini adalah semua perintah serta penjelasan dalam situs ini tertulis dalam Bahasa Belanda tanpa ada terjemahan dalam Bahasa Inggrisnya, sedikit berbeda dengan di Babel ya, sehingga jadi lebih berasa Dutch nya. Hehehe. Hal utama yang membuat saya bertahan belajar di situs ini adalah: GRATIS.

oefenen - exercise


Itulah tiga situs yang menurut saya cukup menarik dalam mengajarkan saya berbahasa. Kalo kamu, pilih yang mana?

2 thoughts on “Belajar Bahasa Belanda

  1. Zharina says:

    Riskaa, sharing mengenai apps belajar bahasa yaa. Aku pakai Duolingo apps dari Playstore. Menurutku bagus soalnya paket lengkap, mulai dari kosakata, grammar, sampai ada bagian interaktifnya dimana kita bisa latihan pengucapan jg. Pilihan bahasanya pun lumayan banyak dan enaknya belajar dari dasar banget kelas kaleng, hahaha. Sejauh ini aku pakai Duolingo cukup puas sih.
    Semoga sukses belajar bahasanya yak. Balik-balik ke Indo latihannya sama oma-oma, Ris 😀

    Like

    • daysindelft says:

      Aku udaah coba naa, menariikk banget lhoo app nyaaa. Makasih naaa infonyaa berguna bangeett. Iyaa nanti balik2 aku belajarnya sama oma2 ajaa laahh, lebih jago keknyaa. Hahaha

      Like

Leave a Reply

