Keukenhof

Selasa, 10 Mei 2015
Hari ke- 74, bulan ke 2 hari ke 13

Musim semi sudah memasuki bulan kedua. Suhu sudah mulai makin menghangat, sudah belasan derajat. Alhamdulillah. Hari ini, suami saya sedang ujian di akhir modul. Hanya sehari saja, setelah itu ujian selesai dan bersiap memasuki modul baru. Begitu seterusnya hingga beberapa bulan ke depan. Lalu memasuki masa menyusun tesis di 6 (enam) bulan terakhir, lalu sidang akhir, wisuda, dan kembali ke Indonesia. Doakan semua lancar, amin.


Menuju Keukenhof.

Selesai ujian, kami berencana untuk mengunjungi Keukenhof. Keukenhof adalah salah satu taman bunga terbesar di dunia yang terletak di Lisse, Belanda. Jarak tempuh Keukenhof adalah 50 km dari Delft. Untuk menuju kesana, dari Delft kami menggunakan kereta Intercity ke Leiden, dan dari Leiden kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus. Mungkin skema berikut ini bisa membantu menjelaskan perjalanan kami menuju Keukenhof dari Delft.

Rute

Moda

Harga

Delft – Leiden By NS Intercity €5 per person
Leiden – Keukenhof By Bus 854 €4.31 per person

Cuaca sedang mendung saat kami memutuskan untuk mengunjungi Keukenhof ini. Padahal sudah seminggu kemarin langit sangat cerah. Cuaca di musim semi memang sulit ditebak, menurut saya. Meskipun mendung, tidak menyurutkan niat kami untuk tetap berangkat ke Keukenhof. Mengapa? Karena beberapa hari lagi taman bunga ini akan kembali tutup, dan akan dibuka kembali di tahun depan, dimana belum tentu kami berdua masih ada di Belanda.

Ya, Keukenhof memang tidak buka sepanjang tahun, atau pun sepanjang musim semi seperti pikiran saya sebelumnya. Keukenhof hanya buka selama kira-kira 1 (satu) bulan dalam tiap tahunnya, dengan harga masuk sebesar €16 per orangnya. Di tahun 2016, taman bunga ini buka dari tanggal 24 Maret 2016 – 16 Mei 2016 saja.


Tiba di Keukenhof

Langit berawan tebal menyambut kami di Keukenhof. Saat itu pukul 14.30. Meski cuaca tidak sedang cerah, ternyata pengunjung tetap ramai mengunjungi taman ini. Pengunjung yang datang tidak hanya para bule-bule eropa, tapi juga wisatawan dari Asia pun banyak yang datang berkunjung. Memang sudah mendunia Keukenhof ini. Melihat bahwa wisatawan yang berkunjung tidak hanya wisatawan local dari Belanda saja namun juga dari luar negeri, maka untuk menuju ke Keukenhof pun disediakan tiket paket berharga murah dari Bandara Amsterdam Schipol – Keukenhof pp seharga €24 saja. Itu sudah termasuk tiket bis pp Amsterdam-Keukenhof-Amsterdam serta tiket masuk Keukenhof. Lumayan kan?

20160510_143350

Selamat datang, di Keukenhof!

Selamat datang di Keukenhof. Tidak perlu komentar ya mengapa banyak sodara-sodara satu benua kita banyak sekali ada di foto saya ini. Karena mereka memang ada dimana-mana. Di semua tempat yang saya tuju, mereka selalu ada.

Oke, lupakan lah cerita tentang teman satu benua kita yang selalu ada dimana-mana. Selepas dari pintu masuk, pemandangan yang ada di depan saya pun membuat saya kemudian menjadi tidak heran kenapa taman ini menjadi begitu terkenal. Karena taman ini memang begitu indah. Bunga-bunga ditata sedemikian rupa sehingga elok dilihat mata. Warna-warni bunga tersebut sangat serasi berpadu dengan hijaunya rumput dan daun-daun dari pepohonan yang tumbuh. Ditambah lagi ada bunga-bunga yang sengaja ditanam di sepanjang aliran sungai. Aliran air, warna-warni bunga, hijaunya dedaunan pohon yang menjulang, serta rumput yang tumbuh dengan rapi, semuanya memberikan perpaduan yang sangat cantik. Really beautiful!

Selain kumpulan berbagai bunga-bunga cantik, terutama bunga tulip yang merupakan bunga khas Belanda, di Keukenhof ini juga pengunjung bisa naik ke Kincir Angin. Namun, kami tidak masuk, karena kami sudah pernah naik ke Kincir Angin ini ketika di Zaansche Schans awal bulan Maret lalu. Di sekitar Keukenhof juga terdapat bulb fields – lapangan luas, tempat bunga-bunga ditanam. Pengunjung bisa berkeliling di sekitar bulb fields ini dengan menyewa boat ataupun sepeda. Tapi, pengunjung dilarang memasuki bulb fields ini ya. Mungkin takut bunga-bunganya rusak.

Sekian cerita dari saya. Sisanya, biarlah bunga-bunga cantik di bawah ini yang menceritakannya kepada Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s