Musim Semi di Belanda

Minggu, 1 Mei 2016, Hari ke 65

Sudah 65 hari saya disini. Datang ketika masih winter, tak terasa sekarang -seharusnya- sudah musim semi. Lalu, bagaimana sih keadaan musim semi itu? Di dalam bayangan saya, musim semi adalah musim dimana cuaca sudah mulai menghangat dan pohon kembali menghijau serta bunga-bunga mulai bermekaran.

Lalu, apakah benar begitu?


Udara tetap dingin

Well, ternyata musim semi di Belanda tidak seperti yang saya bayangkan. Ketika melihat teman-teman di Jepang yang berfoto dengan bunga sakuranya, maka di musim semi ini saya masih harus berjibaku dengan udara dingin dan angin kencang.

Beberapa minggu terakhir, di akhir bulan April kemarin, cuaca di Delft tidak menentu. Di pagi hari cerah, 2 jam selanjutnya tiba-tiba awan tebal, angin kencang, lalu hujan deras, lalu tiba-tiba cerah lagi, lalu awan tebal lagi, angin kencang, hujan, lalu cerah lagi. Begitu seterusnya. Yang saya heran, bahkan sempat pula hujan es beberapa kali di akhir bulan April kemarin. Saya tidak mengerti, apakah memang seperti ini siklus bulan semi, ataukah ini efek dari pemanasan global?

Sempet mupeng juga sama temen-temen di Jepang, sakuranya udah pada mekar, udah bisa jalan-jalan ga pake coat.

Jadi, kesimpulannya, untuk urusan cuaca, 1 bulan pertama musim semi di Belanda, cuaca malah jadi tidak menentu dan tidak bisa diprediksi. Dalam 1 hari bisa jadi cerah, mendung, hujan -bahkan hujan es-, angin kencang, kemudian cerah lagi. Temperatur udara pun tidak menentu, kalo lagi mendung ya berkisar 4-5ºC, tapi kalo cerah pernah juga 14-15ºC, rata-rata si 9-10ºC. Belum bisa lepas dari jaket-jaket penghalau dingin. Semoga bulan selanjutnya ada perubahan ya. Amin.


Bunga yang mulai bermekaran

Meski cuaca sering tidak menentu, tapi musim semi tetap terasa dengan bermekarannya bunga-bunga di pinggir jalan. Pohon-pohon pun mulai kembali berdaunan setelah lama meranggas kini ia kembali rimbun. 🙂

20160409_161438

April 9, 2016 16.14


Waktu siang mulai memanjang

Ya, kalo liat waktu siang dan malamnya dalam satu hari, mulai kelihatan sih rasa musim semi nya. Waktu siang yang mulai memanjang, ini yang paling terasa. Jam 06.00 sudah mulai terang, dan matahari baru terbenam di pukul 21.00 bahkan lebih. Berbeda sekali dengan saat ketika saya datang beberapa bulan lalu, di bulan terakhir musim dingin. Jam 07.00 pagi masih gelap, dan jam 18.00 sudah gelap lagi.

Jadi, disini ketika musim semi, ga ada namanya makan malam. Lah, dimana mau dibilang malam, wong jam 20.00 aja masih terang. Jadi, namanya makan apa dong? Ga tau deh makan apa. Hahaha…

Waktu siang ini berpengaruh banget buat jadwal solat. Sebagai muslim tropis, saya terbiasa dengan jadwal solat yang sama di sepanjang tahunnya. Nah, ketika mulai masuk musim semi disini, agak aneh aja karena azan zhuhur baru berkumandang jam 14.00. Lalu ashar baru di jam 17.30, yang mana biasanya jam segitu di Indonesia sudah mulai siap-siap solat magrib. Yang terlebih terasa aneh lagi adalah, waktu magrib adalah jam 21.00, dimana biasanya jam segitu saya sudah tidur. Hahaha. Lalu, kapan waktu isyanya? Jam 23.00 lah kira-kira. Bahkan akhir-akhir ini sudah masuk di 23.30 dan di pukul 03.34 azan subuh sudah berkumandang.

Sungguh berbeda sekali dengan di Indonesia. Sungguh indah sekali menjadi muslim di Indonesia. 🙂


Yah, begitulah kondisi musim semi di Belanda yang saya rasakan. Sebagai orang tropis, cukup amazing lah dengan beberapa perbedaan kondisi ini, tapi lama-lama ya terbiasa juga. Begitu pula dengan temperatur rendah. Lama-lama badan saya ini terbiasa juga dengan temperatur 8-9º C tanpa harus pake pakaian yang terlalu tebal. Padahal dulu di Bandung, 18ºC aja udah kedinginan. Wkwkwk.

20160427_161344_001 -ed

April 27, 2016 16.13

20160430_211923 -ed

April 30, 2016 21.18

 

 

Advertisements

One thought on “Musim Semi di Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s