Koningsdag in Nederland 2016

Rabu, 27 April 2016.

Koningsdag, atau jika diterjemahkan dalam bahasa inggris adalah King’s day, merupakan hari libur nasional Belanda dalam rangka merayakan hari kelahiran Raja Belanda, King Willem Alexander. Koningsdag dirayakan pada tanggal 27 April 2016.


KONINGSDAG IN DELFT

Koningsdag dirayakan di seluruh wilayah kerajaan Belanda, tidak spesifik di salah satu kota di Belanda. Hanya saja, tiap perayaan Koningsdag, Raja Willem-Alexander selalu mengadakan kunjungan ke suatu kota. Untuk di 2016, kota yang dikunjungi adalah Zwolle.

Lalu, bagaimana dengan suasana Koningsdag di Delft? Yuk disimak. 🙂


Bendera terpasang di tiap-tiap rumah

Suasana Koningsdag ini mungkin jika di Indonesia mirip dengan ketika perayaan HUT Kemerdekaan RI. Warga memasang bendera Belanda di depan rumahnya, lengkap dengan slyer/kain panjang berwarna oranye, warna nasional Belanda.

Koningsdag di Delft dirayakan di Delft Centrum (depan Stadhuis) dan sekitarnya, meski ada juga festival yang tidak dirayakan disini. Dalam perjalanan saya mendekati Delft Centrum, suasana sudah mulai terasa, selain bendera-bendera yang dikibarkan di tiap-tiap rumah, tapi juga semakin dekat ke Delft Centrum, semakin padat pula jalanan.


Konser Musik dan Market

Perayaan Koningsdag di Delft diwarnai oleh konser musik dan stand-stand yang menjualan berbagai jenis barang: makanan, pernak-pernik, souvenir, barang bekas, baju, dll. Persis di depan Stadhuis, terdapat panggung utama yang cukup besar. Di panggung ini digelar konser musik. Cuaca mendung dan hujan tidak mempengaruhi para pengunjung untuk tetap menikmati Koningsdag ini.

20160427_15093020160427_153351

Meskipun ramai pengunjung, tapi ada satu hal yang tidak memenuhi ekspektasi saya, yaitu suasana oranye nya yang kurang terasa. Mungkin karena pada saat itu mendung dan hujan, jadi orang-orang datang dengan menggunakan jaket/coat.

Oiya, meski saya bilang ramai, tapi jangan pikir ramainya seperti ramainya konser di Jakarta ya, yang sampai bejubel penonton, heboh dan riuh. Disini, ramainya ya hanya sekadar ramai saja, tidak pake banget. Hehehe.

Keramaian tidak hanya ada di depan panggung utama saja, tapi juga di jalan-jalan sekitarnya. Di pinggir-pinggir jalan ini, cukup banyak barang-barang yang dijual oleh penduduk-penduduk sekitar. Suasananya mirip dengan Gasibu di Bandung.

Lagi-lagi, tingkat keramaiannya juga biasa saja. Malah, menurut saya lebih ramai di Gasibu, hehe. Mungkin karena memang penduduknya lebih sedikit, selain itu juga cuaca hari ini sedang tidak bersahabat.


Yaa, begitulah laporan saya dari Koningsdag in Delft 2016. Cukup ramai, tapi tidak terlalu heboh. Mungkin di kota-kota besar seperti Amsterdam ataupun Rotterdam lebih ramai lagi yaa. Mungkin di tahun depan masih bisa merayakan. Amin. Hehehe.

TAMAT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s