Berangkat ke Interlaken (Interlaken Part 1)

Hallo! Ini adalah sebuah tulisan panjang tentang perjalanan saya dan suami saya menuju ke Jungfraujoch, salah satu puncak cantik di Pegunungan Alpen, Swiss yang terletak di Kota Interlaken. Lebih senang menyebutnya laporan perjalanan, karena memang sangat panjang tulisannya dan saya bagi menjadi beberapa bagian (ini baru Part 1)

Total perjalanan kami adalah kira-kira 4 hari (14 April malam-17 April sore). Perjalanan Amsterdam-Swiss pp dilalui dengan menggunakan bus dan dilanjut dengan kereta antar kota di Swiss. Sebagai informasi, total biaya yang kami habiskan untuk seluruh perjalanan dimulai dari Delft-Interlaken pp adalah €911.41.

Berangkat dari Delft, 14 April 2016 Malam hari

Saya tinggal di Delft, Belanda. Jarak kota Delft dengan Interlaken adalah sekitar 800an km jika dilihat dari Google Maps. Moda utama yang kami gunakan untuk mencapai Interlaken adalah dengan menggunakan bus antar negara dilanjut dengan kereta antar kota. Perlu dicatat bahwa, dalam perjalanan ini, sama seperti perjalanan lainnya, saya tidak sendiri. Saya berdua dengan suami saya.

Tidak ada perjalanan langsung dari Delft ke Interlaken. Pun dari Amsterdam ke Interlaken. Maka, untuk menuju ke Interlaken haruslah melewati Basel terlebih dahulu. Basel adalah suatu kota di Swiss yang berada di perbatasan antara Swiss dan Prancis. Bahkan, untuk menuju ke Basel pun tidak langsung, tapi harus transit dahulu di Mannheim, Jerman. Kemudian, dari Basel, perjalanan ke Interlaken baru bisa dilanjutkan dengan menggunakan kereta antar kota Switzerland.

Jika diskemakan, beginilah ringkasan perjalanan kami dari Delft menuju Interlaken. Untuk total waktu perjalanan? Bisa lah dihitung sendiri, tentunya jangan lupa menambahkan waktu tunggu ketika perpindahan moda. Ini adalah perjalanan paling panjang yang pernah saya alami. Mengalahkan penerbangan Jakarta-Amsterdam. Wow. Sungguh mantap perjalanan kali ini.

Perjalanan

Moda Waktu Durasi

Harga per orang

Delft Station – Amsterdam Sloterdijk by NS Intercity 20.19 – 21.11 51 min € 12,30
Amsterdam Sloterdijk – Mannheim ZOB by Flixbus 22.00 – 04.15 6 hrs 15 min € 38,00
Mannheim ZOB – Basel SBB 06.55 – 11.35 4 hrs 40 min
Basel SBB – Interlaken Ost by SBB Intercity 12.59 – 14.57 1 hrs 58 min CHF 30,00

Transit di Mannheim, Jerman 15 April 2016 04.15

Perjalanan kami dimulai di Amsterdam Sloterdijk pukul 22.00. Bus berangkat tepat waktu tanpa ada kendala yang berarti. Seperti yang sudah dijelaskan, perjalanan bus Amsterdam Sloterdijk-Basel SBB kami bukanlah perjalanan langsung, melainkan harus transit di Mannheim ZOB, Jerman, untuk kemudian berganti bus menuju ke arah Basel SBB.

Kami tiba di Mannheim ZOB di pagi buta, pukul 04.15. Meski sudah memasuki musim semi, tetap saja suhu di luar dengan sempurna membuat kita menggigil. Terminal bus Mannheim ZOB berada persis di lokasi yang sama dengan Stasiun Mannheim. Setelah sempat kebingungan mencari tempat untuk menunggu selama 3 jam, kami pun memutuskan untuk masuk ke stasiun yang ternyata masih tetap hidup meski di pukul 4 dini hari. Banyak orang menunggu kereta, dan keretanya pun ramai.

Di Stasiun Mannheim ZOB ini, kami menemukan bahwa di stasiun ini tidak hanya terdapat peron tempat menunggu kereta, tapi juga terdapat bangunan besar dimana di dalamnya banyak toko yang sepertinya buka 24 jam (karena ketika kami datang pukul di pagi hari toko tersebut sudah buka). Bangunan stasiun ini hangat. Cocok untuk tempat menunggu transit bus atau pun kereta. Terdiri dari 2 lantai, Ground dan Under Ground. Di kedua lantai disediakan tempat duduk panjang untuk menunggu, juga, banyak kios-kios penjual makanan serta toilet yang bersih (untuk menggunakan toilet, kamu harus membayar €1). Karena tempatnya cukup nyaman, kami akhirnya memutuskan untuk menunggu keberangkatan selanjutnya disini sekaligus membeli sarapan.

Pesan moral:
Ketika perjalanan mengharuskan kalian untuk transit di Mannheim ZOB, maka masuklah ke dalam bangunan stasiunnya. Banyak penjual makanan. Pun ketika toko-toko tersebut ternyata tutup, paling tidak kalian bisa menunggu di dalam tempat yang penuh kehangatan.

@Mannheim Station

Berpindah Moda di Basel, Swiss 15 April 2016 12.00

Menunggu di tempat yang nyaman membuat waktu berjalan cepat. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 06.30 dan bus kami sebentar lagi akan datang. Kami pun akhirnya bergegas meninggalkan stasiun dan menuju terminal bus. Tanpa menunggu lama, bus kami pun datang dan kami pun kembali melanjutkan perjalanan menuju Basel SBB. Masih separuh perjalanan. Ayo semangat! Yeay!

Singkat cerita di perjalanan yang panjang, akhirnya kami tiba di Basel SBB. Disini perjalanan bus kami berakhir dan kami akan menggunakan kereta sebagai moda transportasi menuju ke Interlaken. Selama perjalanan Mannheim – Basel, tidak ada kendala yang berarti. Hanya diperiksa paspor saja di perbatasan tadi. Cukup lama, sehingga bus kami pun mundur setengah jam dari jadwal kedatangan semula.

Setiba di Basel, sama hal nya dengan Mannheim, di Basel lokasi pemberhentian bus dan stasiun kereta berada di lokasi yang sama, sehingga tidak perlu waktu banyak untuk berpindah moda.

Interlaken tinggal beberapa jam lagi. Sudah hampir di depan mata. Kala itu waktu menunjukkan pukul 12.00 siang. Jika tidak ada halangan, maka di pukul 15.00 kami sudah bisa tiba di tujuan kami, Interlaken. Kota cantik diantara dua danau jernih, jika kita lihat di Google.

Stasiun Basel SBB, adalah stasiun yang cukup besar. Mungkin stasiun ini adalah salah satu stasiun hub di Swiss. Kekurangan besar dari Stasiun Basel SBB ini adalah, minimnya tempat duduk yang disediakan oleh pengelola stasiun. Mengurangi kenyamanan, tentu saja. Meskipun begitu, sebagai stasiun besar, toko-toko dan pusat informasi perjalanan tersedia cukup lengkap disini.

@Basel SBB Station

Basel-Interlaken, Separuh Perjalanan

Pertanyaannya adalah, bagaimana membeli tiket kereta Basel-Interlaken?

Tiket Online Super Saver Ticket 50% Rute Basel SBB – Interlaken Ost
Oke. Ini lah yang kami lakukan. Membeli tiket secara online dari www.sbb.ch beberapa hari sebelum keberangkatan (maksmimal 30 hari sebelum, dan kami membeli 7 hari sebelum) dan mendapatkan Super Saver Ticket sehingga kita hanya perlu membayar separuh harga dari harga aslinya. Ga percaya? Silakan cek sendiri. Tiket yang seharusnya seharga CHF 60 kami bayar hanya CHF 30 saja. Perlu dicatat bahwa, persediaan tiket terbatas, dan tiket hanya berlaku pada jam dan tanggal yang telah ditentukan pada saat membeli. Wah, ketat banget aturannya. Yaiyalah, mau murah trus dapet enak ya mana ada. Oiya, dan lagi, ketentuan lain ketika membeli Super Saver Ticket adalah ticket harus diprint sesuai dengan ketentuan. Di print di kertas A4, portrait, no scaling, no reuse paper, pokoknya print sebagaimana pdf nya.

Informasi yang tertera dalam online ticketnya sangat informatif. Disitu tertera dengan jelas letak peron kereta yang akan kita tumpangi, jadwal keberangkatan, dan jadwal kedatangan, serta harga, sehingga tidak perlu bingung untuk mencari di peron mana kereta kita.

20160415_123511

Ini kereta kami yang akan mengantar kami menuju Interlaken Ost, ada di Peron 6

Kereta datang tepat waktu. Sebelum jam 1 siang kereta kami sudah tiba di Stasiun Basel SBB dan persis 12.59 kereta kami pun meluncur ke Stasiun Interlaken Ost.

Akhirnya Tiba di Interlaken – 15 April 2016 pukul 14.57

Kami mengalami 2 jam perjalanan yang indah. Itu lah kata-kata yang bisa saya ucapkan untuk menggambarkan perjalanan menuju Interlaken ini. Mungkin terlalu sederhana. Tapi sungguh, di balik kesederhanaan penggambaran saya tentang Interlaken ini, sesungguhnya saya sedang kehabisan kata dalam mendeskripsikan kecantikan perjalanan ini.

Danau biru kehijau-hijauan nan jernih berada di tengah gugusan gunung tinggi menjulang. Rumah-rumah warga berbentuk sederhana menunjukkan betapa tenangnya kehidupan mereka di balik kesejukan di Interlaken ini.

Pemandangan Thun Lake dari kereta Basel-Interlaken

Berhentinya kereta kami di stasiun terakhir, yaitu Stasiun Interlaken Ost, menandai perjalanan panjang kami, Delft-Amsterdam-Mannheim-Basel-Interlaken, akhirnya selesai juga. Akhirnya kami tiba disini. Di Interlaken. WELCOME INTERLAKEN!

3 thoughts on “Berangkat ke Interlaken (Interlaken Part 1)