Berlin, Kota Sejarah (Berlin Part 2)

Perjalanan di Sabtu, 2 April 2016

Ini adalah lanjutan dari cerita sebelumnya tentang laporan perjalanan saya ke Berlin. Jika kemarin bercerita tentang bagaimana mencapai Berlin dan public transport Kota Berlin, sekarang saya akan bercerta tentang kemana saja saya berkeliling. Yuks.


Checkpoint Charlie

Setelah sedikit bingung-bingung dan menempuh perjalanan kurang lebih stengah jam dari Berlin ZOB dengan menggunakan bis, sampailah kami di Checkpoint Charlie. Bentuk Checkpoint Charlie ini adalah pos gitu. Sesuai dengan namanya yaitu Checkpoint, Checkpoint Charlie ini adalah pos jaga yang dahulunya berfungsi sebagai tempat pengecekan orang-orang yang keluar masuk di perbatasan Berlin Barat-Berlin Timur.

Selain itu, Checkpoint Charlie juga merupakan tempat dikembalikannya tawanan Amerika Serikat, yaitu seorang mahasiswa Amerika Serikat, Frederick Pryor, yang sedang studi di Berlin. Dia ditangkap ketika sedang berada di sisi tembok Berlin Timur. Frederic Pryor dikembalikan oleh pihak Jerman Timur sebagai hasil negosiasi antara James B. Donovan dengan pihak USSR dan Jerman Timur untuk menukar mata-mata Uni Soviet, Rudolf Abel, yang tertangkap di Amerika, dengan pilot amerika Gary Power yang tertangkap oleh pihak Soviet sedang melakukan aksi spionase dari udara dan Frederick Pryor yang merupakan mahasiswa Amerika Serikat.

2 orang Amerika ditukar dengan 1 orang Uni Soviet. Kedua orang Amerika tersebut ditukar/dikembalikan di lokasi yang berbeda. Adapun lokasi penukaran antara Rudolf Abel dan Gary Power dilakukan di Glienicke Bridge (yang mana masuk list kunjungan kami juga), sementara Frederick Pryor dikembalikan di Checkpoint Charlie ini. Untuk lebih jelasnya bisa ditonton di film Bridge of Spies yaa teman-teman.

Selain pos penjagaan, di sekitar Checkpoint Charlie terdapat Museum Checkpoint Charlie dan juga ada Exhibition Black Box Cold War. Kami ga masuk museum nya, tapi sempet foto di depannya.

008b

008a

Museum Checkpoint Charlie

Meski kami tidak masuk ke Museum Charlie Checkpoint, tapi kami masuk ke Exhibition Black Box Cold War. Harga tiket masuknya adalah €5 per orang. Isinya adalah media audio-visual yang menceritakan kondisi Berlin pada saat perang dingin berlangsung.

Kalo pun ga masuk ke dalam, bisa juga liat-liat di luar. Ada potongan tembok berlin, juga beberapa informasi sejarah berlin di masa perang dingin.


Berlin Wall Memorial

Setelah perjalanan di Checkpoint Charlie, maka perjalanan berlanjut ke Berlin Wall Memorial. Untuk menuju kesini kami berjalan kaki. Ga terlalu jauh, tapi juga ga terlalu dekat sih. Lumayan keringetan lah.

Berlin Wall Memorial ini bentuknya adalah ruang terbuka dan gratis, dimana terdapat juga bekas reruntuhan Tembok Berlin disana. Selain itu, di Berlin Wall Memorial ini terdapat papan informasi yang menceritakan sejarah Berlin, mulai dari zaman nazi hingga runtuhnya Tembok Berlin. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa dilihat di situs http://www.berliner-mauer-gedenkstaette.de/en/berlin-wall-memorial-12.html

013

Menuju ke Berlin Wall Memorial


Monumen Holocaust

Holocaust adalah peristiwa pembantaian besar-besaran jutaan Yahudi pada zaman Adolf Hitler. Monumen Holocaust ini dibuat sebagai memorial atas kejadian Holocaust itu sendiri. Bentuknya adalah balok balok beton yang memiliki lebar dan tinggi yang bervariasi, dimana antar balok tersebut terdapat rongga-rongga sempit, mirip seperti labirin-labirin. Desain balok-balok beton tinggi (setinggi manusia, bahkan lebih) dengan jarak antar balok kira-kira hanya muat untuk 2 orang berpapasan ini memiliki makna  untuk menggambarkan atmosfir kebingungan orang-orang Yahudi selama masa Nazi berkuasa.

Apa hubungannya balok-balok ini dengan kebingungan orang-orang Yahudi? Kalo menurut penafsiran saya sendiri, rongga-rongga sempit antar balok ini merepresentasikan ruang gerak orang-orang Yahudi yang sangat dibatasi oleh system yang berlaku pada masa Nazi, yang direpresentasikan oleh balok-balok tinggi tersebut. Susah untuk bergerak, dan di setiap pergerakan dilanda penuh kebingungan dan penuh pertanyaan tentang apa yang tiba-tiba ada di balik balok besar nan kaku tersebut.


Brandenburg Gate

Brandenburg Gate adalah salah satu landmark Berlin dan juga landmark Jerman. Pada masa Perang Dingin berlangsung, Brandenburg Gate menjadi symbol terbaginya Berlin, dan ketika runtuhnya Tembok Berlin pada bulan November 1989, Brandenburg Gate ini kemudian menjadi symbol persatuan dan perdamaian Kota Berlin. Brandenburg Gate sendiri dibangun dari tahun 1788 hingga 1791 berdasarkan desain dari Carl Gotthard Langhands. Wow, sudah lama juga yaa ternyata dibangunnya.

Sebagaimana kita lihat bersama, di puncak atas Brandenburg Gate kan ada patung ya. Patungnya itu namanya Quadriga, yaitu Patung Dewi Kemenangan mengendarai kereta yang ditarik empat kuda. Patung tersebut berada di puncak Brandenburg Gate selama kurang lebih satu dekade, hingga akhirnya setelah Napoleon berhasil menduduki Berlin, Napoleon memerintahkan Quadriga dibongkar dan dikirim ke Paris. Di tahun 1814 Quadriga dibawa kembali ke Berlin dengan penambahan symbol salib. Di era Nazi, symbol salib ini dihilangkan, namun di tahun 1990, setelah Jerman bersatu kembali, symbol salib ini kembali dipasang.

021

Ada yang unik ketika di Brandenburg Gate. Ada bajaj dengan cover Visit Indonesia. Ada pula andong di Berlin.


Ini adalah separuh perjalanan saya berkeliling Kota Berlin. Menurut saya, Berlin itu kota yang penuh dengan histori, terutama kaitannya dengan Perang Dunia II dan masa Perang Dingin berlangsung. Jika melihat film-film tentang perang, gambar-gambar kehancuran kota saat perang, serta mendengar cerita tentang bagaimana survivor perang harus memulai hidup kembali setelah semua yang mereka miliki sudah hancur, maka kadang terpikir, untuk apa ya ada perang, kalo semuanya mengakibatkan kehancuran? Dan bersyukur karena bisa hidup tenang dan damai tanpa ada kepungan tentara dan gempuran senjata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s