This is Rotterdam! (Visit Euromast)

DSC00415Euromast Tower, Rotterdam

Minggu, 13 Maret 2016. Hari ke-16

Wow. Ga kerasa yaa, udah hari ke 16 aja gw di Negeri Kincir Angin ini. Oke, well, di hari ke-16 ini gw dan suami pergi ke Rotterdam, salah satu kota di Belanda yang merupakan kota pelabuhannya Belanda. Kalo dibandingin sama Jakarta, ini semacam Tanjung Priuknya lah yaa, cuma ini udah skala gede, skala internasional. Bayangin aja, panjang pelabuhannya aja 50 km! Wow banget yaaa boo. (klik gambar untuk memperbesar)

Salah satu jalan menuju Rotterdam adalah menggunakan kereta. Dengan menggunakan kereta Intercity dari Delft menuju Rotterdam, sampailah kita pada Rotterdam Centraal Station. Bentuk stasiunnya kece abis sih, bisa diliat di foto di atas. Itu sebelahnya adalah pemandangan kota sesaat setelah kita keluar dari Rotterdam Centraal Station. Kesan pertama adalah, kota ini jauh lebih modern yaa dibandingin sama Den Haag dan Amsterdam. Gedung-gedung tingginya banyak banget dan mewah gitu. Mobilnya juga lebih banyak dari di Amsterdam, meskipun jumlah pejalan kakinya lebih banyak di Amsterdam sih.

Going to Lijnbaan, Rotterdam.

Tujuan pertama sih mau liat Lijnbaan itu kaya apa. Katanya kan tempat belanja murah-murah di Rotterdam yaa. Tapi, secara gw ga terlalu suka belanja, jadi yaa cuma numpang lewat aja di Lijnbaan ini. Selain itu, merek-mereknya banyak juga yang udah agak familiar di Jakarta, macemnya Mango, H&M, Zara, Urban Decay, Esprit, dll. Baru inget sih, ga foto-foto juga. Okeh, jadi skip aja lah yaa.

EUROMAST! Rotterdam’s view from the top!

Okeee gengs, inilah inti dari perjalanan kita menuju Rotterdam. EUROMAST. Euromast merupakan tower setinggi 185 meter yang terletak di Rotterdam. Selengkapnya bisa dilihat disini atau cari di google aja lah yaa.

20160313_174311 ini adalah tampak Euromast Tower dari kejauhan.

How to get there?
Kalo ditanya bagaimana menuju Euromast Tower ini dari Lijnbaan? Maka jawabannya adalah JALAN KAKI. Gak nyasar? Ya engga lah, kan udah ada yang namanya Google Maps yang selalu setia menuntun kita ke jalan yang benar. 😀 Jadi yaa, selama 16 hari ini gw di Belanda, Belanda ini emang nyaman banget buat para pejalan kaki, karena semua fasilitas untuk pejalan kakinya tersedia dengan sangat nyaman. Mau nyebrang persimpangan gede, lo tinggal mencet tombol, tunggu lampu ijo, lo bisa nyebrang tanpa takut ketabrak. Kalo pun lo misal mau nyebrang di zebra cross yang ga ada lampunya, lo ga perlu nunggu jalanannya kosong buat bisa nyebrang, karena mobil-mobil akan rela untuk mengalah mempersilakan kita untuk menyebrang. Pejalan kaki dapet privilege utama, eh kedua deng, setelah tram, karena kalo ada tram, pejalan kaki tetep yang harus ngalah. *yaiya lah yaa, lo ga mau kan ketabrak tram segede gaban itu?* (klik gambar untuk memperbesar)

ini pemandangan selama perjalanan menuju ke Euromast Tower

Price and Other Information
Tiket masuk Euromast Tower adalah €9 per orang. Karcis jangan dibuang! Karena nanti kalo kita keluar, kita harus scan bar code yang ada di karcis itu di pintu keluar. Jam bukanya sampe jam 10 malem. Untuk detailnya bisa dibuka di websitenya yaa…

And, the story is …
Well, setelah masuk dengan membayar €18 untuk 2 tiket, masuklah kita ke si Euromastnya ini. Untuk menikmati Euromast Tower, ada 2 lokasi penting yang harus dikunjungi, yaitu Platform dan Euroscoop. Ada lagi sih restoran dan tempat nginepnya, tapi ya lo bayar lagi lah yaa, sembilan euro mau minta banyak. Hahaa.

1. Platform

Platform adalah lokasi utama yang akan dicapai ketika kita naik ke Euromast Tower. Untuk menuju kesini, kita akan naik lift dari lobby setelah membeli tiket. Tips: pakelah coat yang cukup hangat dan sarung tangan untuk lebih hangat, karena percayalah, di platform ini udara sangat dingin dan angin bertiup cukup kencang cuuyy. Silakan boleh percaya atau tidak. Tapi, secara gw anak tropis yang 25 tahun hidup di wilayah tropis, gw merasa di platform itu dingin. Apalagi, gw dateng kesana pas sore-sore menjelang sunset dan pas bulan-bulan -yang katanya- spring. Widih. Ini pemandangan dari atas platform. Cantik banget kalo lo liat aslinyaa. (klik gambar untuk memperbesar)

Dari sini, bisa keliatan Jembatan Erasmus Brag dari kejauhan (dari dekatnya juga ada kok nanti). Juga keliatan tuh kapal-kapal baik lagi bersandar maupun yang lagi berlayar. Itu keliatan foto gw juga biar ga dibilang ambil dari google gambarnya. Wkwkwk.

2. Euroscoop

Platform itu baru tengah-tengahnya si Euromast Tower ini. Biar ga rugi, harus nikmatin semua wahana dong. Udah bayar 9 euro masa ga ngerasain semua. Okelah, biar kata dingin menghadang, mari kita teruskan menuju ke Euroscoop. Euroscoop ini semacam lift berkaca yang bisa muter gitu. Jadi, nanti kita masuk ke dalam lift itu, dan di dalam lift itu kita duduk melingkar menghadap ke luar, ke arah kaca, dan lift ini akan membawa kita naik dan muter-muter di atas ketinggian puncak dari si Euromast Tower ini selama 5 menit kurang lebih. Ada videonya sih, tapi ga bisa ditampilin disini. Sad.

Oiya, untuk menuju ke Euroscoop ini, dari Platform kita harus naik lift lagi. Bisa sih naik tangga melingkar gitu. Tapi, gw sih mending naik lift. Cepet sampe dan ga pake merinding. Abis keluar dari lift, sebelum menikmati yang namanya Euroscoop, bisa juga nikmatin lagi pemandangan cantik dari ketinggian yang lebih tinggi. *oke, maafkan bahasa yang kurang cantik ini.*

20160313_18370420160313_183517

Ini bukan pemandangan dari dalam Euroscoopnya yaa, ini pemandangan pas setelah naik Euroscoop sih. So far yang dilihat emang sama dari yang di Platform, cuma pas gw kesitu, pas banget ketemu sunset. Cantik gituu lho sunsetnya. Liat sunset sambil liat pemandangan pelabuhan gitu.

Nah, ini baru separo perjalanan kita di one day trip Rotterdam. Nanti sekuelnya akan dilanjut di postingan terpisah yaa. Ane mau masak dulu, cyiinn.

One thought on “This is Rotterdam! (Visit Euromast)