Pengurusan Izin Tinggal : Registrasi di Gemeente

Jum’at, 4 Maret 2016 Hari ke 7

Beberapa hari yang lalu saya telah melapor ke IND dan mendapatkan kartu identitas (verblijf). Meskipun telah mendapatkan verblijf, masih ada tahapan selanjutnya terkait dengan izin tinggal sementara saya di Belanda ini.

Tahapan selanjutnya adalah : Registrasi di Gemeente setempat.Tujuannya adalah untuk mendapatkan BSN number. BSN number ini adalah nomor identitas kita sebagai penduduk di Belanda, seperti nomor ktp kalo di Indonesia.

Apa itu Gemeente? Gemeente itu, kalo berdasarkan penafsiran saya sendiri, adalah seperti pemerintah kota setempat yang bertanggungjawab atas pengelolaan kota tersebut. Salah satunya adalah kependudukan. Makanya, sebagai penduduk baru, meskipun hanya temporary residence, saya tetap harus meregistrasikan diri saya di Gemeente setempat, dalam hal ini adalah Gemeente Delft.


Bagaimana cara registrasi di Gemeente?

Registrasi di Gemeente dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor Gemeente setempat setelah sebelumnya melakukan perjanjian (appointment) terlebih dahulu dengan Gemeente setempat via online melalui situs Gemeente setempat. Kalo untuk Gemeente Delft bisa dilakukan disini.


Apa saja yang dibawa untuk registrasi?

Ketika appoinment dilakukan, saya tidak diberitahu apa-apa saja yang mesti dibawa (apa sayanya yang ga ngeh kali ya), maka dari itu, saya bawa semua dokumen-dokumen administrasi yang menurut saya penting.

Dan, ternyata dokumen yang dibutuhkan ketika kemarin saya melakukan administrasi adalah sebagai berikut:

  1. Akta kelahiran saya yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan dilegalisir oleh Kedutaan Belanda dan pejabat berwenang ketika di Indonesia,
  2. Buku nikah, juga yang sudah diterjemahkan dan dilegalisir,
  3. Passport saya dan passport suami
  4. Kartu verblijf saya dan kartu verblif suami
  5. BSN number suami saya

Apa saja yang dilakukan ketika registrasi?

Ketika registrasi, di awal dia akan meminta dokumen-dokumen administrasi (asli) terkait  dan semuanya harus ada terjemahannya. Oiya, sebaiknya dibawa juga fotokopi dokumen-dokumen tersebut karena ketika saya registrasi, petugasnya juga meminta fotokopiannya.

Ketika dokumen-dokumen tersebut kita perlihatkan kepada petugas, maka petugas langsung mengisi data diri kita di komputer berdasarkan dokumen tersebut. Ini makanya kenapa dokumennya harus diterjemahkan, karena petugasnya kan ga ngerti bahasa indonesia. Hehehe.

Setelah dia selesai mengisi di komputer, dia kemudian bertanya tentang tempat tinggal. Intinya sih memastikan kalo memang tempat tinggal yang akan saya tempati itu benar-benar boleh ditempati untuk berdua atau tidak. Petugas juga memastikan kepada suami saya apakah sudah mendapatkan kepastian dari Duwo (semacam pihak yang menyediakan tempat tinggal para mahasiswa di Delft) bahwa kamar yang akan ditempati memang bisa ditinggali berdua atau tidak. Jadi, kalo di Delft ini sudah diatur kamar untuk yang tinggal sendiri, tinggal berdua, tinggal dengan satu orang anak, tinggal dengan 2 orang anak, itu beda-beda tempatnya.


Apa yang dilakukan setelah registrasi?

Setelah petugas selesai input data dan informasi diri kita, maka setelah itu dia akan memberikan print-out resume data diri kita untuk mengecek apakah seluruh data diri yang ada disitu benar, termasuk ejaannya. Kalau sudah oke, maka kita mendapat satu lembar kertas yang merupakan bukti bahwa kita sudah melakukan registrasi kependudukan di Gemeente.

Dengan telah diterimanya tanda bukti ini, maka selesailah proses registrasi kita di Gemeente. Setelah ini, maka BSN number kita akan dikirimkan ke alamat rumah terdaftar paling lama 4 minggu setelah dilakukannya proses registrasi.

Leave a Reply

