Pengurusan Izin Tinggal : Lapor ke IND

1 Maret 2016, hari ke-4


Pengurusan Izin Tinggal Sementara

Salah satu yang membedakan antara pengurusan visa turis dan izin tinggal adalah, kalo izin tinggal itu, sesampainya lo di negara tujuan, lo harus melaporkan diri lo ke imigrasi setempat.

Dan, itu lah yang gw lakukan saat ini.

Jadi, secara garis besar, mungkin berguna untuk temen-temen yang sedang/akan melakukan pengurusan izin tinggal di Belanda, rangkaiannya adalah sebagai berikut (ini yang gw jalani, untuk kasus tinggal bersama pasangan resmi di Belanda):

  1. Host (dalam hal ini suami) mengurus semua kelengkapan administrasi kita di Imigrasi Belanda (namanya IND) ⇒
  2. Beberapa kelengkapan administrasi mesti disupport dari Indonesia, yaitu legalisir akta nikah dan legalisir akta kelahiran kita, serta keterangan penghasilan si host nya ini ⇒
  3. Setelah syarat2 administrasi lengkap, kemudian dilakukan submit izin tinggal. Abis ngesubmit, maka tinggal tunggu jawaban dari IND setempat apakah izin tinggal yang diajukan itu diterima atau ditolak. Biasanya sih asalkan negaranya ga lagi bermasalah dan salary si hostnya dianggap mencukupi, ya pasti diterima kok. Jawabannya kemaren gw itu nunggu kira2 2 bulan ⇒
  4. Jawaban kalo izin tinggal diterima itu dikasihnya via email isinya pemberitahuan resmi dari IND kepada Host kita yang ada di Belanda kalo mereka menyetujui izin tinggal kita itu. Selain itu, ada form MVV yang harus kita isi dan dokumen2 penunjang yang harus kita bawa ke Kedutaan Besar Belanda untuk melanjutkan prosesnya, yaitu untuk mengambil visa sementara ⇒
  5. Pengambilan visa sementara ke Kedutaan Besar ga perlu pake bikin janji, langsung datang aja,  nanti pas masuk bilang ke satpamnya mau urus mvv. Disini prosesnya adalah verifikasi dokumen aja, dan naro paspor untuk ditempelin visa sementara kita gitu. Paspornya ditinggalin, nanti 10 hari lagi baru dateng lagi kesini ⇒
  6. 10 hari kemudian, visa sementaranya udah tertempel cantik di paspor kita, it means kita udah bisa berangkat! Yeay! Tapi eh tapi, langkahnya belom kelar lhoo ⇒
  7. Waktu pas ngisi form MVV itu kita ditanya perkiraan kapan tiba di Belanda. Nah, kira-kira 2 minggu sebelum tanggal yang kita cantumkan itu, nanti kita bakal dapat surat undangan dari IND Belanda, isinya adalah menyuruh kita melapor ke IND setempat paling maksimal 2 bulan setelah kedatangan kita di Belanda.

Panjang ya bo? Padahal garis besar doang lhoo, mungkin detailnya akan gw ceritakan nanti-nanti. Termasuk pembayarannya (bayar? ya iyalah, masa mau masuk negara orang pake gratis. Hahaa). Proses yang dijalanin emang cukup panjang sih, tapi ga rumit. Sama sekali engga. Gw dan suami ngurus ini mulai dari minggu ke-2 bulan Oktober 2015 dan visa gw keluar di minggu ke-2 bulan Januari 2016. 3 bulan lah yaa.

Dan, sekarang di Belanda gw sedang menjalani Poin ke 7 di atas. Lapor ke IND. Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk mendaftarkan diri kita sebagai penduduk sementara Belanda.


Di IND mana gw melaporkan diri?

Oiya, gw mengurus ini di IND Rijswijk. Apakah semua ngurusnya disitu? Kayanya engga deh, beda-beda tergantung di surat yang kamu terima itu kamu diharuskan ke IND mana.

20140506-232819

Ini lokasi IND gw. Alamatnya adalah:

Churchillhof
Sir Winston Churchillaan 293
228 DC Rijswijk

Buka hari Senin-Jumat jam 09.00-16.00.

Kesananya dari Delft naik kereta, turun di Rijswijk Station. Dari stasiun jalan kaki deh. Deket kok.


Apa yang harus dibawa?

Yang harus dibawa ketika lapor ke IND adalah:

  1. Surat undangan dari IND
  2. Paspor

Prosesnya itu singkat banget. Lama nunggu aja (10 menitan aja sih). Pertama itu masuk, trus tanya aja satpam bilang mau urus mvv sambil nunjukkin surat undangan itu. Setelah dapat nomor antrian, tinggal antri. Kalo udah dipanggil, nunjukkin surat undangan dan paspor, udah deh tinggal ambil si “KTP” kita.


Abis ngedaftarin ini, gw secara resmi terdaftar sebagai penduduk sementara Belanda. Gilee, keren ga tuh coy? *maaf yaa norak* Jadi kalo gw keliling negara Schengen, gw udah ga perlu nunjukkin visa di paspor, tapi cukup nunjukkin ini nih,

IMG-20160301-WA0008-ed

Nah, gitu aja. Urusan sama IND nya udah selesai. Abis ini, masih ada satu urusan lagi, yaitu Gemeente Delft, yang mana akan gw jalani di hari Jumat besok. Okeh. Semangaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s